Pengantar Jaringan Kabel

Meskipun kemajuan dalam teknologi nirkabel, banyak jaringan komputer di abad ke-21 masih mengandalkan kabel sebagai media fisik untuk perangkat untuk mentransfer data. Beberapa jenis kabel jaringan yang ada, masing-masing dirancang untuk tujuan tertentu.

Kabel Coaxial

Pertama kali ditemukan di tahun 1880-an, "membujuk" paling dikenal sebagai jenis kabel yang terhubung ke antena televisi di rumah. Kabel koaksial juga standar untuk kabel Ethernet 10 Mbps.
Ketika 10 Mbps Ethernet adalah yang paling populer, selama tahun 1980 dan awal 1990-an, jaringan biasanya digunakan salah satu dari dua jenis kabel coax - thinnet (10BASE2 standar) atau thicknet (10BASE5). Kabel ini terdiri dari kawat tembaga batin berbagai ketebalan dikelilingi oleh isolasi dan perisai lainnya. Kekakuan mereka disebabkan administrator jaringan kesulitan dalam menginstal dan memelihara thinnet dan thicknet.

Twisted Pair Kabel

Twisted pair akhirnya muncul pada 1990-an sebagai standar kabel terkemuka untuk Ethernet, dimulai dengan 10 Mbps (10BASE-T, juga dikenal sebagai Kategori 3 atau Cat3), kemudian diikuti oleh versi yang lebih baik untuk 100 Mbps (100BASE-TX, CAT5 dan Cat5e) dan kecepatan berturut-turut lebih tinggi hingga 10 Gbps (10GBASE-T). Kabel twisted pair Ethernet berisi hingga 8 kabel luka bersama-sama berpasangan untuk meminimalkan interferensi elektromagnetik.
Dua jenis utama dari standar industri kabel twisted pair didefinisikan - Unshielded Twisted Pair (UTP) dan Shielded Twisted Pair (STP). Kabel Ethernet modern menggunakan UTP kabel karena biaya yang lebih rendah, sedangkan STP kabel dapat ditemukan di beberapa jenis jaringan seperti FDDI.

Serat optik

Alih-alih kawat logam terisolasi transmisi sinyal listrik, kabel jaringan serat optik bekerja menggunakan helai kaca dan pulsa cahaya. Kabel jaringan ini ditekuk meskipun terbuat dari kaca. Mereka telah terbukti sangat berguna dalam wide area network (WAN) instalasi di mana tanah jarak jauh atau kabel luar ruangan berjalan yang diperlukan dan juga di gedung-gedung perkantoran di mana volume lalu lintas yang tinggi komunikasi umum.
Dua jenis utama dari standar industri kabel serat optik didefinisikan - single-mode (100BaseBX standar) dan multimode (standar 100BaseSX). Jaringan telekomunikasi jarak jauh lebih sering menggunakan single-mode untuk kapasitas bandwidth yang relatif lebih tinggi, sementara jaringan lokal biasanya menggunakan multimode bukan karena biaya yang lebih rendah.

Kabel USB

Kebanyakan Universal Serial Bus (USB) kabel menghubungkan komputer dengan perangkat periferal (keyboard atau mouse) daripada ke komputer lain untuk jaringan. Namun, adapter khusus (kadang-kadang disebut dongle) juga memungkinkan menghubungkan kabel Ethernet ke port USB tidak langsung. Kabel USB memiliki twisted-pair kabel.

Serial dan Paralel Kabel

Karena banyak PC pada tahun 1980 dan awal 1990-an tidak memiliki kemampuan Ethernet, dan USB tidak dikembangkan lagi, interface serial dan paralel yang usang pada komputer modern yang kadang-kadang digunakan untuk jaringan PC-to-PC. Jadi yang disebut-kabel Model nol, misalnya, menghubungkan port serial dua PC memungkinkan transfer data dengan kecepatan antara 0.115 dan 0,45 Mbps.

Kabel Crossover

Kabel modem null adalah salah satu contoh dari kategori kabel crossover. Sebuah kabel crossover bergabung dua perangkat jaringan dari jenis yang sama, seperti dua PC atau dua switch jaringan.
Penggunaan kabel crossover Ethernet terutama umum pada jaringan rumah tua tahun yang lalu saat menghubungkan dua PC secara langsung bersama-sama. Secara eksternal, kabel crossover Ethernet muncul hampir identik dengan biasa (kadang-kadang juga disebut straight-through), satu-satunya perbedaan yang terlihat menjadi urutan kabel-kode warna yang muncul di konektor kabel akhir. Produsen biasanya diterapkan membedakan tanda khusus untuk kabel crossover mereka untuk alasan ini. Saat ini, meskipun, sebagian besar jaringan rumah menggunakan router yang memiliki built-in kemampuan Crossover, menghilangkan kebutuhan untuk kabel khusus ini.

Jenis lain dari Jaringan Kabel

Beberapa profesional jaringan menggunakan kabel patch yang istilah untuk merujuk ke segala jenis straight-through kabel jaringan yang digunakan untuk tujuan sementara. Membujuk, pasangan dan serat optik memutar jenis kabel patch semua ada. Mereka tidak berbeda dalam ciri-ciri fisik dari jenis lain dari kabel jaringan kecuali bahwa mereka cenderung menjadi lebih pendek.
Sistem jaringan Powerline memanfaatkan kabel listrik standar rumah untuk komunikasi data menggunakan adaptor khusus terhubung ke outlet dinding.